Selasa, 07 Februari 2012

Buat Ngabuburitmu Asyik

Bulan ramadhan merupakan bulan yang di tunggu–tunggu umat islam untuk melaksanakan ibadah puasa dan sunah lainnya. Tapi, lain halnya dengan anak  remaja.    Mengapa demikian?  Di bulan ini banyak hal yang  di nanti remaja ,salah satunya moment  Ngabuburit.. Sahabat  belia sebelum membahas lebih lanjut, tau apa itu ngabuburit?           
Ternyata ngabuburit itu  istilah yang berasal dari bahasa Sunda, burit artinya waktu menjelang malam hari ( waktu Maghrib). Jadi ngabuburit selama bulan puasa ini adalah menunggu atau menghabiskan waktu  hingga menjelang  waktu azan maghrib.  Yaitu  saat berbuka puasa. Populer banget istilah ini di kalangan masyarakat khususnya pada bulan puasa seperti saat ini. Di daerah perkotaan seperti di medan, remaja mengakali ngabuburit ini dengan berbagai kegiatan. Namun,  tren ini menjadi sebuah tradisi yang tak bisa dilepaskan dari bulan Ra­ma­dhan. Beragam kegiatan dila­kukan selama ngabuburit, mulai dari kegiatan positif hingga kegiatan yang berdampak negative.
Tradisi ngabuburit yang dilakukan masyarakat Sunda tempo dulu juga diisi dengan beragam permainan rakyat, misalnya petak umpet, gatrik, dan sebagainya. Untuk meme­riahkan suasana, anak-anak di daerah perkampungan biasanya bermain lodong atau jeblugan, yakni bermain perang-perangan dengan media bambu mirip sebuah meriam yang diisi dengan karbit hingga meng­hasilkan suara dentuman.
Edi zulfikar Spd staf UMN menuturkan “banyak hal – hal yang bermanfaat tuk mengisi waktu ngabuburit. Misalnya Tilawah Qur’an dan  baca buku. karena tilawah Qur’an mempunyai  fadhilah yang banyak”. Sungguh disayangkan katanya, ada sebagian remaja ngabuburit dengan kegiatan yang berdampak negative. Seperti, ngebut –ngebut dijalan, ngenet seharian tidur dari pagi sampai sore dan sampai melalaikan waktu shalat fardhu.

Sahabat belia, yuk kita tanya pada diri masing – masing bermanfaat tidak kegiatan ngabuburit yang kita jalani.?

Armendo mahasiswa Mahad Abu Ubaidah Bin Jarrah bertutur “ baca buku dan menghafal Al- Qur’an adalah aktivitas yang asyik buat ngabuburit. Selain bermanfaat dan bernilai ibadah. Aktivita  ini bisa menjaga kualitas ibadah kita”. Lain halnya dengan Ika sari seorang mahasiswi yang suka ngabuburit mengatakan pada kami, biasanya  dia  ngabuburit dengan jalan – jalan sore bareng adiknya . katanya sih kalau udah jalan – jalan  kita bisa lupa yang namanya waktu. Boleh diikuti ni, ngabuburit ala Ika asal jangan jalan berduaan dan berboncengan mengendarai sepeda motor dengan si doi. Bisa jadi manfaat puasa jadi hilang. Dan hanya sekedar menahan haus dan lapar.

Tak dapat dipungkiri perkembangan teknologi juga dapat mengubah   makna dan praktek ngabuburit. Tergantung bagaimana kita memanfaatinya. Hal ini bisa dilihat  dari banyaknya stasiun televisi yang menyajikan beragam acara . Baik yang berupa, sinetron, music live, ngabuburit bareng idola dan acara Kultum (ceramah agama). Sehingga remaja  menghabiskan waktunya di rumah, bahkan menonton Televisi full dari subuh samapai menjelang maghib.

Tempat – tempat ngabubrit asyik
1.Ramadhan fair
Pemerintah kota Medan  memfasilitasi arena ini  tuk  tempat ngabuburit.
Ramadhan fair, letaknya sangat strategis. Tepatnya di jalan Maimun di samping mesjid Raya. Nah, di tempat ini semua kalangan dapat menikmati santapan lezat khas Medan dan makanan yang menggugah selera lainnya. Selain makanan tempat ini menyuguhkan penampilan artis dari ibu kota dan bazaar pernak – pernik lebaran. Pada pukul 17.00  WIB, orang – orang telah memenuhi stand – stand yang ada.

2. Lapangan merdeka
            Di kawasan ini, asyik tuk ngabuburit. Pepohonan yang rindang membuat  suasana sejuk. Selain itu   terdapat juga wahana permainan untuk anak dan fasiltas olah raga. Di daerah ini terdapat penjual buku yang berjejer dan penjual makanan kaki lima.

3.Taman Teladan
            Taman teladan ini,terletak di kawasan stadion teladan. Apabila kita ngabuburit disana… suguhan jajanan kaki lima ramai mengitari taman. Sama seperti lapangan merdeka taman ini banyak berdiri pepohonan. Yang membuat suasana menjadi fres…

4. Mall
            Tempat ini salah satu tempat nongkrong remaja. Apalagi di bulan Ramadhan saat ini mall lebih banyak di kunjungi. Entah itu untuk sekedar cuci mata, tempat kumpul tuk buka puasa bareng,dan  hunting baju lebaran. Semuanya bisa kita lakuin di sana.

5.  Warnet
            Ini tempat yang paling cocok tuk ngabuburit buat para gamers dan facebookers. Pasahalnya di warnet kita bisa bebas bermain game favorit kita. Ga hanya sekedar ngabuburit, tapi kita juga bisa nambah ilmu lewat internet. Bagi kamu yang ngabuburit di warnet jangan lupa waktu. Sampai – sampai ninggali ibadahnya…

6. Arena Olah raga
            Berpuasa ga menghalangi kita tuk olah ragakan? Banyak remaja yang mengisi ngabuburitnya dengan berolahraga. Salah satunya dengan bermain futtsal. Sebab karena waktu berolah raganya lama, waktu tuk berbuka ga terasa.

7. Kamar
            Bagi remaja yang ga mempunyai hobi keluar rumah alias jalan – jalan. Bisa nongkrongi kamar sendiri. Ini adalah tempat yang pas tuk menunggu beduk. Dan di kamar kamu juga bisa jalani aktifitas seperti, nonton Televisi, tidur –tiduran, baca buka, main computer, SMS-an, dengerin music dan lain – lain.

8. Mesjid
            Selain di rumah ngabuburit bisa dilakuin di mesjid. Kita bisa menambah pahala dengan ibadah – ibadah sunah. Seperti tadarusan, zikir dan dengarin ceramah. Setelah berbuka puasa kita bisa langsung shalat berjamaah di mesjid dan shalat tarawih.

9. Bioskop
            Berhubung akhir –akhir ini dunia perfilman lagi semarak dengan film yang seru – seru. Maka Bioskop adalah tempat yang menarik buat ngabuburit bagi pecinta film.

10. Rumah
Tempat yang satu ini tidak kalah asyiknya dengan tempat yang lain. Di rumah kita bisa ngabuburit bareng keluarga. Dan bagi remaja putri bisa ngabuburit dengan bantu –bantu ibu di dapur. Selain belajar masak, waktu ngabuburitnya tidak  di cemari dengan hal yang sia – sia.

Sahabat belia, ngabuburit emang asyik. Terkadang kita salah langkah untuk mengisi aktivitas di dalamnya. Banyak orang yang menjalani ngabuburit melalaikan ibadah wajib, terutama shalat maghrib. Sah – sah saja untuk ngabuburit. Asal jangan kebablasan dan mengurangi nilai puasa.  Jadikan waktu di bulan Ramadhan sebagai ladang amal ibadah. Tetap berpikir dan bertindak positif di bulan yang penuh berkah ini.
Ngabuburit asyik, mengapa tidak?



Catatan diary 21 Agustus 2011 
selama kami magang menjadi Reporter Tamu di Harian Medan Bisnis, banyak pengalaman seru, bahagia, maupun sedih.


Ajeng Miftahul Ula
(KOMA/UMN Al –Washliyah)
Diliputan yang kedua ini sudah mulai terasa letihya karena harus kesana kemari di siang hari,naik turun angkot lagi hehe…. Tapi walaupun begitu masih tetap semangat soalnya kami mendapatkan ilmu baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

Dina syahfitri Lubis
(KOMA/UMN Al –Washliyah)
Sungguh, kawan ternyata  meraih mimpi tak semudah katanya. Ada rintangan dan pengorbanan yang harus di tapaki. Terkadang, Kata tuk menyerah  kerap hadir. Orang – orang terdekatlah yang mampu mengangkat semangat  yang hampir memudar. Termasuk sahabat belia,.  Kami ada untuk anda.  thanks all.

Ayu Sundari Lestari
(KOMA/UMN Al –Washliyah)
Senangnya dapat menemani sahabat Belia lagi. Diliputan kedua ini, banyak pengorbanan yang dilakukan dan pastinya membuat lelah. Tapi, harus tetap semangat. Pasalnya ingin melakukan yang terbaik buat sahabat belia  semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar